Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris: Panduan Lengkap dan Terperinci

Menulis email lamaran kerja dalam bahasa Inggris bisa menjadi tugas yang menantang bagi banyak orang. Namun, dengan panduan yang tepat, Anda dapat membuat sebuah email lamaran kerja yang efektif dan memberikan kesan yang baik kepada calon pemberi kerja. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh-contoh body email lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Kami akan memberikan panduan yang komprehensif dan terperinci untuk membantu Anda menulis email lamaran kerja yang menarik dan profesional.

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan baru? Jika iya, salah satu langkah penting dalam mencari pekerjaan adalah menulis email lamaran kerja yang efektif dan menarik. Dalam email lamaran kerja, Anda perlu menyampaikan informasi tentang diri Anda, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Selain itu, Anda juga perlu menunjukkan motivasi dan keinginan Anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Salam Pembuka

Pada bagian salam pembuka, Anda perlu menyapa calon pemberi kerja dengan sopan. Gunakan gelar yang tepat dan nama penerima dengan benar. Hal ini akan menunjukkan rasa hormat Anda terhadap calon pemberi kerja. Sebagai contoh:

“Dear Mr./Ms. [Nama Penerima],”

“To whom it may concern,”

Summary: Salam pembuka harus sopan dan sesuai dengan gelar dan nama penerima.

Pengenalan Diri

Setelah salam pembuka, langkah berikutnya adalah memperkenalkan diri. Jelaskan siapa Anda, latar belakang pendidikan Anda, dan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan. Jelaskan juga bagaimana Anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut. Jika Anda direkomendasikan oleh seseorang, sebutkan juga nama orang tersebut. Sebagai contoh:

“Allow me to introduce myself. My name is [Nama Anda] and I am a recent graduate from [Nama Universitas] with a degree in [Jurusan]. I am writing to express my interest in the [Posisi Pekerjaan] position at [Nama Perusahaan]. I learned about this job opening from [Sumber Informasi Lowongan Pekerjaan] and I was immediately drawn to the opportunity to join your reputable company.”

Summary: Pengenalan diri harus mencakup nama, latar belakang pendidikan, minat terhadap posisi yang ditawarkan, dan sumber informasi lowongan pekerjaan.

Menjelaskan Latar Belakang Pendidikan

Dalam bagian ini, Anda dapat menjelaskan lebih lanjut tentang latar belakang pendidikan Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Ceritakan mengenai program studi yang Anda ambil, mata kuliah yang Anda tekuni, dan proyek-proyek yang Anda kerjakan selama kuliah. Jelaskan juga bagaimana latar belakang pendidikan Anda dapat mendukung Anda dalam menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan posisi yang Anda lamar.

Menjelaskan Alasan Tertarik dengan Posisi Tersebut

Di bagian ini, Anda dapat menjelaskan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan. Jelaskan hal-hal spesifik yang menarik perhatian Anda tentang posisi tersebut, seperti tanggung jawab yang akan Anda emban, kesempatan untuk berkembang, atau kontribusi yang dapat Anda berikan. Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan dan posisi tersebut.

Menyebutkan Sumber Informasi Lowongan Pekerjaan

Jika Anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut melalui sumber informasi tertentu, seperti situs web perusahaan atau rekomendasi dari teman atau kolega, sebutkanlah sumber tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda telah melakukan upaya untuk mencari informasi tentang perusahaan dan posisi tersebut.

Pengalaman Kerja

Setelah memperkenalkan diri, berikan informasi tentang pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan tugas dan tanggung jawab yang Anda emban serta pencapaian yang telah Anda capai. Jika Anda memiliki pengalaman kerja yang terkait dengan posisi tersebut, ceritakan pengalaman kerja tersebut secara rinci.

Menjelaskan Tugas dan Tanggung Jawab

Di bagian ini, jelaskan tugas dan tanggung jawab yang Anda emban selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Ceritakan secara terperinci tentang pekerjaan yang Anda lakukan, alat-alat atau software yang Anda gunakan, dan bagaimana pekerjaan tersebut berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan.

Menggambarkan Pencapaian yang Telah Dicapai

Untuk membuat email lamaran kerja Anda menonjol, sertakan juga pencapaian yang telah Anda raih selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Ceritakan tentang proyek-proyek yang telah Anda kerjakan dengan sukses, penghargaan yang telah Anda terima, atau kontribusi yang signifikan yang telah Anda berikan kepada perusahaan.

Mengaitkan Pengalaman Kerja dengan Posisi yang Dilamar

Pastikan untuk menjelaskan bagaimana pengalaman kerja Anda yang relevan dapat mendukung Anda dalam menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan bagaimana pengalaman kerja Anda telah membantu Anda mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Keahlian

Setelah menjelaskan pengalaman kerja, berikan informasi tentang keahlian Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan keterampilan dan pengetahuan yang Anda miliki yang dapat mendukung Anda dalam menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan posisi tersebut.

Menjelaskan Keterampilan yang Relevan

Di bagian ini, jelaskan keterampilan yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Sebutkan keterampilan teknis, seperti penggunaan software atau alat-alat terkait, serta keterampilan interpersonal, seperti kemampuan berkomunikasi atau bekerja dalam tim.

Menggambarkan Keahlian yang Dimiliki

Sertakan juga deskripsi singkat tentang keahlian yang Anda miliki. Jelaskan bagaimana keahlian tersebut dapat mendukung Anda dalam menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan posisi yang Anda lamar.

Menyebutkan Sertifikasi atau Pelatihan yang Dimiliki

Jika Anda memiliki sertifikasi atau telah mengikuti pelatihan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, sebutkanlah sertifikasi atau pelatihan tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Motivasi

Selanjutnya, jelaskan motivasi Anda untuk melamar posisi tersebut dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Jelaskan apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi tersebut. Ceritakan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi positif kepada perusahaan jika Anda diberikan kesempatan untuk bergabung.

Menggambarkan Ketertarikan Terhadap Perusahaan

Di bagian ini, jelaskan apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan tersebut. Bisa jadi karena reputasi perusahaan, budaya kerja yang positif, atau kesempatan untuk berkembang dan belajar.

Menunjukkan Kepahaman Tentang Posisi yang Dilamar

Hal yang penting adalah menunjukkan bahwa Anda memahami tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan bagaimana pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki dapat mendukung Anda dalam menjalankan tugas-tugas tersebut dengan baik. Jelaskan juga bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah kepada perusahaan jika Anda diberikan kesempatan untuk bergabung.

Mengaitkan Nilai dan Kepribadian Anda dengan Perusahaan

Di bagian ini, jelaskan bagaimana nilai dan kepribadian Anda cocok dengan nilai dan budaya perusahaan. Ceritakan tentang nilai-nilai yang Anda anut, seperti etika kerja yang tinggi, kejujuran, atau kemampuan untuk bekerja dalam tim. Jelaskan juga bagaimana kepribadian Anda, seperti keuletan, kreativitas, atau ketekunan, dapat berkontribusi positif terhadap perusahaan.

Keinginan untuk Bertemu

Setelah menjelaskan motivasi Anda, tunjukkan keinginan Anda untuk bertemu dalam rangka membahas lebih lanjut tentang peluang kerja. Jelaskan bahwa Anda siap untuk menghadiri wawancara atau pertemuan dengan calon pemberi kerja. Berikan fleksibilitas jadwal dan tunjukkan bahwa Anda siap untuk berkomitmen dalam proses seleksi.

Menunjukkan Ketersediaan untuk Wawancara

Di bagian ini, tunjukkan ketersediaan Anda untuk menghadiri wawancara atau pertemuan dengan calon pemberi kerja. Berikan pilihan jadwal yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan mereka. Jika Anda tidak dapat bertemu secara langsung, sertakan juga opsi untuk wawancara melalui telepon atau video conference.

Menekankan Kesiapan untuk Berkomitmen

Tunjukkan bahwa Anda siap untuk berkomitmen dalam proses seleksi. Jelaskan bahwa Anda siap untuk meluangkan waktu dan energi untuk mengikuti tahapan seleksi dengan sungguh-sungguh.

Penutup

Di bagian penutup, sampaikan rasa terima kasih Anda kepada calon pemberi kerja atas perhatiannya terhadap lamaran Anda. Jelaskan juga bahwa Anda telah melampirkan resume atau CV Anda untuk referensi mereka. Sampaikan harapan Anda untuk mendengar kabar baik dari mereka segera.

Menyampaikan Rasa Terima Kasih

Di bagian ini, sampaikan rasa terima kasih Anda kepada calon pemberi kerja atas waktu dan perhatiannya terhadap lamaran Anda. Berikan apresiasi atas kesempatan yang diberikan kepada Anda untuk melamar posisi tersebut.

Menginformasikan Lampiran Resume atau CV

Di bagian ini, sampaikan bahwa Anda telah melampirkan resume atau CV Anda untuk referensi mereka. Sebutkan bahwa Anda berharap resume atau CV tersebut dapat memberikan informasi lebih rinci tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian Anda.

Salam Penutup

Akhiri email dengan salam penutup yang sopan. Pilih salam penutup yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Beberapa contoh salam penutup yang umum digunakan adalah:

“Sincerely,”

“Best regards,”

“Yours faithfully,”

Summary: Salam penutup harus sopan dan sesuai dengan konteks.

Tanda Tangan

Tambahkan tanda tangan dengan menyertakan nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon Anda. Tanda tangan ini akan memberikan informasi kontak kepada calon pemberi kerja jika mereka ingin menghubungi Anda. Berikut contoh tanda tangan yang dapat Anda gunakan:

“Sincerely,[Nama Lengkap][Alamat Email][Nomor Telepon]”

Summary: Tanda tangan berisi nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon Anda.

Proofreading

Sebelum mengirimkan email lamaran kerja, pastikan untuk melakukan proofreading terlebih dahulu. Periksa tata bahasa dan ejaan, serta pastikan email terlihat profesional dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk melampirkan resume atau CV Anda jika diminta.

Memeriksa Tata Bahasa dan Ejaan

Periksa tata bahasa dan ejaan dalam email lamaran kerja Anda. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan yang dapat merusak kesan profesional Anda.

Mengecek Kekonsistenan dan Keterbacaan

Periksa juga kekonsistenan dan keterbacaan email lamaran kerja Anda. Pastikan paragraf-paragraf terstruktur dengan baik, dan informasi mudah dipahami oleh calon pemberi kerja.

Melampirkan Resume atau CV

Jika diminta, pastikan untuk melampirkan resume atau CV Anda sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pastikan file tersebut dapat dibuka dan terlihat dengan baik.

Dalam kesimpulan, menulis email lamaran kerja dalam bahasa Inggris membutuhkan perhatian dan kecermatan. Dengan mengikuti contoh-contoh dan panduan yang telah kami berikan, Anda dapat membuat sebuah email lamaran kerja yang efektif dan menarik bagi calon pemberi kerja. Jangan lupa untuk memperhatikan detail dan tetap menggunakan bahasa yang profesional serta sopan. Semoga berhasil dalam mencari pekerjaan yang diinginkan!

Leave a Comment