6 Tugas Sales Admin, Skill, Gaji & Jenjang Karier

Dalam dunia bisnis, peran seorang sales admin sangat penting dalam menjalankan operasional penjualan. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola administrasi penjualan, mengkoordinasikan komunikasi antara tim penjualan dan pelanggan, serta memastikan semua proses penjualan berjalan lancar. Namun, selain tugas-tugas yang harus dilakukan, terdapat pula skill yang dibutuhkan, besaran gaji yang dapat diperoleh, dan jenjang karier yang bisa dicapai sebagai seorang sales admin. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai hal tersebut.

Artikel ini akan diawali dengan membahas tugas utama seorang sales admin. Kemudian, akan dijelaskan pula mengenai skill apa saja yang diperlukan sebagai seorang sales admin yang sukses. Setelah itu, akan diinformasikan juga mengenai besaran gaji yang bisa diperoleh sebagai seorang sales admin, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Selanjutnya, akan dijelaskan pula mengenai jenjang karier yang bisa dicapai sebagai seorang sales admin dan bagaimana cara meraihnya. Artikel ini akan memberikan informasi yang lengkap dan komprehensif mengenai semua aspek yang perlu diketahui seorang sales admin.

Tugas Sales Admin

Sebagai seorang sales admin, terdapat beberapa tugas utama yang harus dilakukan. Salah satu tugas yang penting adalah mengelola administrasi penjualan. Ini meliputi memproses pesanan pelanggan, mengatur faktur penjualan, dan memastikan semua dokumen terkait penjualan terorganisir dengan baik. Sales admin juga bertanggung jawab untuk menyusun laporan penjualan, baik harian, mingguan, atau bulanan. Laporan ini membantu manajemen dalam memantau kinerja penjualan dan membuat keputusan yang tepat.

Selain itu, sales admin juga memiliki peran dalam mengkoordinasikan komunikasi antara tim penjualan dan pelanggan. Mereka menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi produk atau layanan, serta membantu menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dalam proses penjualan. Sales admin juga memastikan semua data pelanggan tercatat dengan benar dan terupdate dalam database perusahaan, sehingga memudahkan tim penjualan dalam menjalankan tugas mereka.

Tugas lain yang diemban oleh sales admin adalah mengatur jadwal tim penjualan. Mereka menentukan jadwal kunjungan pelanggan, mengatur agenda pertemuan, dan memastikan tim penjualan memiliki semua informasi yang diperlukan sebelum bertemu dengan pelanggan. Sales admin juga dapat membantu dalam proses penawaran dan negosiasi dengan pelanggan, terutama dalam hal administrasi dan pengaturan dokumen-dokumen penjualan.

Mengelola Administrasi Penjualan

Sebagai sales admin, mengelola administrasi penjualan adalah salah satu tugas utama yang harus dilakukan. Ini meliputi pemrosesan pesanan pelanggan, mengatur faktur penjualan, serta memastikan semua dokumen dan data terkait penjualan terorganisir dengan baik. Dalam mengelola administrasi penjualan, sales admin harus teliti dan akurat, sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi dalam proses penjualan.

Selain itu, sales admin juga bertanggung jawab untuk menyusun laporan penjualan. Laporan ini berisi informasi mengenai penjualan harian, mingguan, atau bulanan. Laporan penjualan membantu manajemen dalam memantau kinerja penjualan, mengidentifikasi tren penjualan, dan membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Koordinasi Komunikasi antara Tim Penjualan dan Pelanggan

Sebagai sales admin, salah satu tugas penting adalah mengkoordinasikan komunikasi antara tim penjualan dan pelanggan. Sales admin menjadi perantara antara tim penjualan dan pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi produk atau layanan, serta membantu menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dalam proses penjualan.

Sales admin juga bertanggung jawab untuk memastikan semua data pelanggan tercatat dengan benar dan terupdate dalam database perusahaan. Dengan adanya database pelanggan yang lengkap dan terorganisir, tim penjualan dapat mengakses informasi pelanggan dengan mudah, memberikan pelayanan yang lebih baik, dan memperoleh insight yang berguna dalam meningkatkan penjualan.

Mengatur Jadwal Tim Penjualan

Sebagai sales admin, mengatur jadwal tim penjualan merupakan tugas yang penting. Sales admin menentukan jadwal kunjungan pelanggan, mengatur agenda pertemuan, dan memastikan tim penjualan memiliki semua informasi yang diperlukan sebelum bertemu dengan pelanggan. Dengan adanya jadwal yang teratur dan terorganisir, tim penjualan dapat menjalankan tugas mereka dengan efisien dan efektif.

Sales admin juga dapat membantu dalam proses penawaran dan negosiasi dengan pelanggan. Mereka dapat membantu dalam administrasi dan pengaturan dokumen-dokumen penjualan, seperti proposal penawaran, kontrak, atau perjanjian penjualan. Dengan adanya bantuan dari sales admin, tim penjualan dapat fokus pada aspek penjualan yang lebih strategis, sementara sales admin mengurus semua detail administratif.

Skill yang Dibutuhkan sebagai Sales Admin

Seorang sales admin perlu memiliki beberapa skill tertentu untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Skill-skill ini meliputi kemampuan komunikasi yang baik, keahlian dalam mengelola data, keterampilan organisasi yang tinggi, serta kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak dan teknologi terkini yang digunakan dalam administrasi penjualan.

Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang sales admin. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan tim penjualan, pelanggan, dan pihak internal perusahaan lainnya. Kemampuan dalam mendengarkan dengan baik, bertanya dengan tepat, dan memberikan jawaban yang memadai adalah kunci dalam menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak terkait dalam proses penjualan.

Seorang sales admin juga harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dipahami. Mereka harus bisa menjelaskan produk atau layanan dengan baik kepada pelanggan, serta memberikan informasi yang akurat dan berguna bagi tim penjualan. Kemampuan komunikasi yang baik juga dibutuhkan dalam menulis laporan penjualan dan dokumen-dokumen lainnya yang terkait dengan administrasi penjualan.

Keahlian dalam Mengelola Data

Sebagai sales admin, keahlian dalam mengelola data merupakan skill yang penting. Sales admin harus bisa mengelola data pelanggan, data penjualan, serta data lainnya yang terkait dengan proses penjualan. Mereka harus mampu mengumpulkan data dengan akurat, mengatur data secara terstruktur, serta menganalisis data untuk mendapatkan insight yang berguna dalam meningkatkan penjualan perusahaan.

Sales admin juga harus mampu menggunakan perangkat lunak dan teknologi terkini yang digunakan dalam administrasi penjualan. Mereka harus bisa menggunakan spreadsheet untuk mengorganisir data, menggunakan perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) untuk mengelola data pelanggan, serta menguasai perangkat lunak lain yang digunakan dalam proses penjualan.

Keterampilan Organisasi yang Tinggi

Seorang sales admin harus memiliki keterampilan organisasi yang tinggi. Mereka harus mampu mengatur jadwal tim penjualan, mengatur dokumen-dokumen penjualan, serta mengatur administrasi penjualan secara keseluruhan. Keterampilan organisasi yang baik membantu sales admin dalam menjalankan tugasnya dengan efisien, sehingga tidak ada yang terlewatkan atau terlupakan dalam proses penjualan.

Sebagai sales admin, memiliki kemampuan multitasking juga sangat penting. Mereka harus bisa mengatur waktu dengan baik, mengutamakan tugas-tugas yang penting, dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat. Dengan keterampilan organisasi yang tinggi, sales admin dapat menjalankan tugas-tugasnyadengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat mendukung kelancaran proses penjualan perusahaan.

Kemampuan Menggunakan Perangkat Lunak dan Teknologi Terkini

Seiring dengan kemajuan teknologi, seorang sales admin juga perlu memiliki kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak dan teknologi terkini yang digunakan dalam administrasi penjualan. Mereka harus bisa menggunakan spreadsheet untuk mengelola data penjualan, menggunakan perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) untuk mengelola data pelanggan, serta menguasai aplikasi-aplikasi lain yang dapat membantu dalam menjalankan tugas administrasi penjualan.

Selain itu, kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak presentasi dan pengolahan kata juga sangat berguna dalam membuat laporan penjualan, proposal penawaran, serta dokumen-dokumen lain yang terkait dengan penjualan. Sales admin yang memiliki kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak dan teknologi terkini akan lebih efisien dalam menjalankan tugas-tugas administratif, sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Besaran Gaji Sales Admin

Gaji merupakan salah satu faktor penting dalam karier seorang sales admin. Besaran gaji yang diterima oleh seorang sales admin dapat bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti pengalaman kerja, tingkat pendidikan, lokasi geografis, dan ukuran perusahaan tempat mereka bekerja.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besaran gaji seorang sales admin. Salah satunya adalah pengalaman kerja. Seorang sales admin dengan pengalaman kerja yang lebih lama cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi karena mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas dalam menjalankan tugas-tugas administratif penjualan.

Tingkat pendidikan juga dapat mempengaruhi besaran gaji seorang sales admin. Sales admin yang memiliki gelar sarjana atau diploma di bidang terkait administrasi bisnis atau pemasaran mungkin memiliki peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki pendidikan SMA atau setara.

Lokasi geografis juga dapat memengaruhi besaran gaji seorang sales admin. Di beberapa daerah, tingkat gaji rata-rata mungkin lebih tinggi daripada di daerah lain. Biasanya, daerah perkotaan dengan biaya hidup yang lebih tinggi cenderung menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk sales admin.

Ukuran perusahaan tempat sales admin bekerja juga dapat mempengaruhi besaran gaji. Perusahaan yang lebih besar dengan tingkat penjualan yang tinggi mungkin cenderung memberikan gaji yang lebih tinggi untuk sales admin mereka, karena mereka harus mengelola volume penjualan yang lebih besar dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar pula.

Rentang Gaji Sales Admin

Rentang gaji seorang sales admin dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Secara umum, gaji seorang sales admin pemula atau dengan pengalaman kerja kurang dari 2 tahun dapat berkisar antara 3 hingga 6 juta rupiah per bulan.

Bagi sales admin dengan pengalaman kerja antara 2 hingga 5 tahun, gaji mereka dapat mencapai 6 hingga 10 juta rupiah per bulan. Sementara itu, sales admin dengan pengalaman lebih dari 5 tahun atau dengan posisi manajerial mungkin dapat memperoleh gaji lebih dari 10 juta rupiah per bulan.

Namun, perlu diingat bahwa angka-angka tersebut hanya merupakan perkiraan rata-rata dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor lain seperti perusahaan tempat sales admin bekerja, industri tempat mereka bekerja, serta kondisi ekonomi saat ini.

Jenjang Karier Sales Admin

Sebagai seorang sales admin, terdapat berbagai peluang jenjang karier yang dapat dicapai. Dengan pengalaman kerja dan peningkatan keterampilan, sales admin dapat naik ke tingkat-posisi yang lebih tinggi dalam departemen penjualan atau departemen administrasi.

Posisi Junior Sales Admin

Posisi awal yang umum bagi seorang sales admin adalah sebagai junior sales admin atau sales admin pemula. Pada posisi ini, mereka biasanya bertanggung jawab untuk menjalankan tugas-tugas administratif penjualan secara umum, seperti mengelola data penjualan, mengatur jadwal penjualan, dan menyusun laporan penjualan.

Sebagai junior sales admin, mereka dapat belajar dari senior sales admin dan pengalaman kerja mereka sendiri untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam administrasi penjualan. Dalam beberapa tahun, mereka dapat naik ke posisi yang lebih senior dan mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar.

Posisi Senior Sales Admin

Setelah memiliki pengalaman kerja yang cukup, seorang sales admin dapat naik ke posisi senior sales admin. Pada posisi ini, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mengelola administrasi penjualan, mengkoordinasikan komunikasi antara tim penjualan dan pelanggan, serta mengambil peran yang lebih strategis dalam meningkatkan kinerja penjualan.

Sebagai senior sales admin, mereka juga dapat menjadi mentor bagi junior sales admin yang baru bergabung dengan departemen penjualan. Mereka dapat memberikan bimbingan, pengetahuan, dan pengalaman mereka kepada junior sales admin untuk membantu mereka dalam menjalankan tugas-tugas administratif penjualan dengan baik.

Posisi Manajerial

Dalam perjalanan karier sebagai sales admin, seorang sales admin yang berprestasi dan memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik dapat naik ke posisi manajerial. Pada posisi ini, mereka akan menjadi pimpinan departemen penjualan atau departemen administrasi, dan bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh operasional penjualan dari segi administratif.

Sebagai seorang manajer, mereka akan memiliki tanggung jawab yang lebih strategis dalam mengembangkan strategi penjualan, mengatasi tantangan penjualan, dan mencapai target penjualan perusahaan. Mereka juga akan mengelola tim penjualan dan melibatkan diri dalam pengambilan keputusan yang lebih besar dalam perusahaan.

Tips Sukses Menjadi Sales Admin

Bagi seorang sales admin yang ingin sukses dalam karier mereka, terdapat beberapa tips dan strategi yang dapat diikuti.

Pengembangan Skill yang Diperlukan

Sebagai sales admin, penting untuk terus mengembangkan skill yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas administratif penjualan. Ini bisa dilakukan melalui pelatihan, membaca buku atau artikel, mengikuti webinar atau seminar, atau bahkan dengan meminta bimbingan dari senior sales admin atau manajer penjualan.

Peningkatan skill dapat meliputi kemampuan komunikasi, keahlian dalam mengelola data, keterampilan organisasi, serta kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak dan teknologi terkini. Dengan mengembangkan skill yang diperlukan, seorang sales admin dapat menjadi lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas administratif penjualan dan meningkatkan kinerja mereka.

Hubungan Baik dengan Tim Penjualan

Sebagai sales admin, menjalin hubungan yang baik dengan tim penjualan sangat penting. Sales admin harus bekerja sama dengan tim penjualan dalam mencapai tujuan penjualan perusahaan. Mereka harus berkomunikasi secara terbuka dan jujur, serta memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh tim penjualan.

Membangun hubungan yang baik dengan tim penjualan juga dapat membantu sales admin dalam memperoleh insight yang berguna tentang kebutuhan pelanggan, tren pasar, dan peluang penjualan baru. Dengan hubungan yang baik, sales admin dapat bekerja sama dengan tim penjualan untuk mengembangkan strategi penjualan yang efektif dan memaksimalkan potensi penjualan.

Penciptaan Strategi Penjualan yang Efektif

Sebagai sales admin, penting untuk terlibat dalam penciptaan strategi penjualan yang efektif. Sales admin dapat memberikan masukan berdasarkan pengalaman mereka dalam mengelola administrasi penjualan, mengumpulkan data penjualan, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Dengan pemahaman yang baik tentang pasar dan pelanggan, sales admin dapat membantu tim penjualan dalam merencanakan strategi penjualan yang efektif, menentukan target penjualan yang realistis, sertamengidentifikasi peluang penjualan baru. Sales admin juga dapat membantu dalam mengukur dan menganalisis hasil dari strategi penjualan yang telah dilakukan, sehingga dapat melakukan perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan.

Self-Motivasi dan Kemandirian

Sebagai seorang sales admin, self-motivasi dan kemandirian sangat penting. Sales admin harus memiliki motivasi yang tinggi untuk menjalankan tugas-tugas administratif penjualan dengan baik, meskipun terkadang tugas-tugas tersebut bisa menjadi rutin dan monoton. Mereka juga harus mampu bekerja secara mandiri dan mengatur waktu dengan baik, karena tugas-tugas administratif penjualan seringkali melibatkan deadline yang ketat.

Untuk mempertahankan motivasi dan kemandirian, sales admin dapat menetapkan tujuan pribadi dan mengukur pencapaian mereka secara berkala. Mereka juga dapat mencari dukungan dari rekan kerja atau mentor untuk tetap termotivasi dan menghadapi tantangan dengan keyakinan.

Peluang Kerja sebagai Sales Admin

Sebagai seorang sales admin, terdapat peluang kerja yang cukup baik di berbagai perusahaan dan industri. Hampir semua perusahaan yang memiliki tim penjualan membutuhkan sales admin untuk mengelola administrasi penjualan mereka, sehingga peluang kerja dalam posisi ini cukup luas.

Industri yang Membutuhkan Sales Admin

Sales admin dapat bekerja di berbagai industri, tergantung pada minat dan kemampuan mereka. Beberapa industri yang umumnya membutuhkan sales admin antara lain industri retail, industri manufaktur, industri jasa, dan industri teknologi. Namun, hampir semua industri membutuhkan sales admin untuk membantu mengelola administrasi penjualan mereka.

Selain itu, perusahaan-perusahaan yang memiliki tim penjualan yang besar atau memiliki volume penjualan yang tinggi juga biasanya membutuhkan sales admin. Perusahaan dengan skala internasional atau perusahaan yang memiliki banyak cabang juga cenderung mempekerjakan sales admin untuk mengkoordinasikan komunikasi antara tim penjualan dan pelanggan di berbagai lokasi.

Persyaratan untuk Menjadi Sales Admin

Untuk menjadi sales admin, seorang calon pelamar biasanya membutuhkan setidaknya gelar diploma atau sarjana di bidang terkait, seperti administrasi bisnis, manajemen, atau pemasaran. Beberapa perusahaan mungkin juga menerima pelamar dengan latar belakang pendidikan SMA atau setara, asalkan mereka memiliki pengalaman kerja atau keterampilan yang relevan dalam administrasi penjualan.

Selain itu, keterampilan komunikasi dan kemampuan dalam mengelola data adalah persyaratan yang penting untuk menjadi sales admin yang sukses. Calon pelamar juga harus memiliki kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak dan teknologi terkini yang digunakan dalam administrasi penjualan.

Perbedaan Sales Admin dengan Sales Executive

Meskipun istilah sales admin dan sales executive sering digunakan secara bergantian, sebenarnya kedua peran ini memiliki perbedaan yang jelas dalam hal tugas, tanggung jawab, dan skill yang dibutuhkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Admin

Seorang sales admin bertanggung jawab untuk mengelola administrasi penjualan, mengkoordinasikan komunikasi antara tim penjualan dan pelanggan, serta memastikan semua proses penjualan berjalan lancar. Mereka melakukan tugas-tugas administratif seperti mengelola data penjualan, mengatur jadwal tim penjualan, menyusun laporan penjualan, dan menjawab pertanyaan pelanggan terkait penjualan.

Sales admin lebih fokus pada aspek administratif penjualan dan mendukung tim penjualan dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Mereka bekerja di belakang layar untuk memastikan semua administrasi terkait penjualan terorganisir dengan baik dan proses penjualan berjalan lancar.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Executive

Sales executive, di sisi lain, memiliki peran yang lebih aktif dalam menjalankan proses penjualan. Mereka bertanggung jawab untuk mencari pelanggan baru, menjalin hubungan dengan pelanggan, melakukan presentasi produk atau layanan, serta melakukan negosiasi dan penutupan penjualan.

Sales executive lebih fokus pada aspek penjualan yang lebih strategis, seperti merencanakan strategi penjualan, mengidentifikasi peluang penjualan, dan mencapai target penjualan. Mereka berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan dan menghasilkan penjualan.

Skill yang Dibutuhkan Sales Admin dan Sales Executive

Sales admin dan sales executive memiliki skill yang berbeda yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas mereka. Sales admin perlu memiliki keterampilan dalam mengelola administrasi penjualan, kemampuan komunikasi yang baik, keahlian dalam mengelola data, serta keterampilan organisasi yang tinggi.

Sementara itu, sales executive perlu memiliki keterampilan dalam menjual, kemampuan komunikasi yang baik, keahlian dalam bernegosiasi, serta pengetahuan yang mendalam tentang produk atau layanan yang mereka jual. Mereka juga perlu memiliki kepercayaan diri, kemampuan presentasi yang baik, dan kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Perbedaan utama antara sales admin dan sales executive terletak pada fokus tugas dan tanggung jawab mereka. Sales admin lebih fokus pada aspek administratif penjualan, sementara sales executive lebih fokus pada aspek penjualan yang lebih strategis dan aktif dalam menjalankan proses penjualan.

Leave a Comment