11 Pertanyaan Interview Waiter & Waitress Restoran

Saat melakukan wawancara untuk posisi waiter atau waitress di restoran, ada beberapa pertanyaan yang umumnya diajukan oleh pewawancara. Pertanyaan-pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pengalaman Anda dalam industri perhotelan serta mengetahui apakah Anda cocok untuk posisi tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas 11 pertanyaan wawancara yang umumnya diajukan kepada calon waiter atau waitress restoran, serta memberikan tips tentang bagaimana Anda dapat menjawabnya dengan baik.

Pengalaman Kerja Sebelumnya

Pertanyaan pertama yang mungkin diajukan oleh pewawancara adalah mengenai pengalaman kerja sebelumnya. Mereka ingin mengetahui posisi apa yang pernah Anda pegang, durasi kerja, serta tanggung jawab yang Anda emban dalam pekerjaan sebelumnya. Penting untuk menjelaskan secara detail pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi waiter atau waitress, seperti pengalaman dalam melayani pelanggan, mengatur meja, mengambil pesanan, dan memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, berikan informasi yang spesifik dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, Anda dapat menyebutkan pengalaman kerja di restoran terkenal atau hotel bintang lima yang mengajarkan Anda tentang standar pelayanan yang tinggi. Jelaskan juga tanggung jawab yang Anda emban dalam pekerjaan tersebut, seperti mengurus reservasi, mengatur meja, atau memberikan rekomendasi menu kepada pelanggan. Pastikan untuk menonjolkan prestasi atau penghargaan yang pernah Anda terima selama bekerja di tempat sebelumnya.

Contoh Jawaban:

“Saya memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di restoran XYZ, di mana saya bertanggung jawab untuk melayani pelanggan, mengatur meja, dan mengambil pesanan. Selama bekerja di sana, saya juga terlibat dalam pelatihan khusus tentang pelayanan pelanggan dan pengetahuan tentang menu. Saya bangga dapat melayani beberapa tamu terkenal dan menerima penghargaan “Pelayanan Terbaik” dari restoran tersebut. Pengalaman ini telah meningkatkan keterampilan komunikasi dan kemampuan saya dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan.”

Pengetahuan Tentang Menu

Sebagai waiter atau waitress, pengetahuan tentang menu restoran merupakan hal yang penting. Pewawancara akan menanyakan seberapa familiar Anda dengan menu mereka, termasuk spesialisasi, bahan-bahan utama, dan rekomendasi menu. Mereka ingin memastikan bahwa Anda dapat memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan dan menjawab pertanyaan mereka mengenai menu.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Pada saat menjawab pertanyaan ini, penting untuk menunjukkan pengetahuan Anda tentang menu restoran. Jelaskan dengan detail spesialisasi menu, bahan-bahan yang digunakan dalam setiap hidangan, serta rekomendasi menu yang dapat Anda berikan kepada pelanggan. Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian tentang restoran tersebut dan memiliki minat yang besar dalam makanan dan minuman. Jika Anda memiliki pengalaman dalam mencoba beberapa hidangan yang ada di menu, sebutkan juga pengalaman tersebut untuk menunjukkan kefamiliaran Anda dengan menu restoran.

Contoh Jawaban:

“Saya telah mengkaji menu restoran ini dengan seksama dan saya sangat familiar dengan spesialisasi mereka, terutama hidangan daging sapi panggang yang sangat disukai oleh pelanggan. Saya juga tahu bahwa restoran ini menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi dalam setiap hidangannya. Jika pelanggan mencari sesuatu yang istimewa, saya akan merekomendasikan hidangan khas restoran ini, seperti salmon panggang dengan saus rempah yang lezat. Saya selalu berusaha untuk terus memperbarui pengetahuan saya tentang menu agar dapat memberikan informasi yang akurat dan membantu pelanggan dalam memilih hidangan yang sesuai dengan preferensi mereka.”

Kemampuan Menghadapi Pelanggan Sulit

Dalam industri perhotelan, Anda akan menghadapi berbagai jenis pelanggan. Pewawancara ingin mengetahui bagaimana Anda akan menghadapi pelanggan yang sulit atau tidak puas dengan pelayanan. Mereka ingin memastikan bahwa Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat menangani situasi yang menantang dengan baik.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, penting untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam menghadapi pelanggan yang sulit. Jelaskan bahwa Anda memiliki kesabaran dan kemampuan mendengarkan yang baik. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Anda berhasil menghadapi pelanggan yang tidak puas dan bagaimana Anda berhasil menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Tunjukkan bahwa Anda dapat tetap tenang dan profesional dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan.

Contoh Jawaban:

“Saya percaya bahwa pelayanan pelanggan yang baik melibatkan kemampuan untuk menghadapi pelanggan yang sulit dengan tenang dan profesional. Saya selalu berusaha untuk mendengarkan dengan seksama dan memahami keluhan pelanggan. Pada satu kesempatan, seorang pelanggan merasa tidak puas dengan waktu pelayanan yang lambat. Saya dengan sabar mendengarkan keluhannya, meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialaminya, dan memberikan penjelasan tentang alasan keterlambatan tersebut. Saya juga menawarkan solusi dengan memberikan diskon pada pesanannya sebagai bentuk kompensasi. Akhirnya, pelanggan tersebut merasa lebih puas dan meninggalkan restoran dengan senyum.”

Pengalaman dalam Melayani Makanan dan Minuman

Restoran sering memiliki aturan dan prosedur khusus dalam melayani makanan dan minuman. Pewawancara akan menanyakan apakah Anda memiliki pengalaman dalam melayani makanan dan minuman, termasuk pengetahuan tentang etiket meja dan cara menyajikan hidangan.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Pada saat menjawab pertanyaan ini, berikan informasi tentang pengalaman Anda dalam melayani makanan dan minuman. Jelaskan bahwa Anda telah terlatih dalam etiket meja dan memiliki pengetahuan tentang cara menyajikan hidangan dengan baik. Sebutkan juga pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang rumit saat melayani makanan dan minuman, seperti koordinasi dengan dapur untuk memastikan hidangan disajikan dengan waktu yang tepat atau menghadapi permintaan khusus dari pelanggan.

Contoh Jawaban:

“Saya memiliki pengalaman selama 3 tahun dalam melayani makanan dan minuman di berbagai restoran bintang empat. Saya telah dilatih dalam etiket meja dan memiliki pengetahuan tentang cara menyajikan hidangan dengan baik, mulai dari teknik penyajian yang elegan hingga mengenali keinginan khusus pelanggan. Selama bekerja, saya sering mengalami situasi yang rumit, seperti saat pelanggan memiliki alergi makanan tertentu atau meminta hidangan yang tidak ada di menu. Saya selalu berkoordinasi dengan dapur dan berkomunikasi dengan pelanggan untuk memenuhi permintaan mereka dengan baik.”

Keterampilan Komunikasi

Sebagai waiter atau waitress, keterampilan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan. Pewawancara akan menanyakan tentang kemampuan komunikasi Anda, termasuk bagaimana Anda berinteraksi dengan pelanggan dan rekan kerja. Mereka ingin memastikan bahwa Anda dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam situasi yang berbeda.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, tunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilankomunikasi yang baik. Jelaskan bahwa Anda dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan pelanggan, rekan kerja, dan atasan. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Anda menggunakan keterampilan komunikasi Anda untuk menjelaskan informasi kepada pelanggan atau berkolaborasi dengan rekan kerja dalam menyelesaikan tugas.

Contoh Jawaban:

“Saya percaya bahwa keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam pekerjaan sebagai waiter atau waitress. Saya selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan pelanggan, rekan kerja, dan atasan. Misalnya, saat melayani pelanggan, saya selalu menjelaskan dengan rinci menu dan memberikan rekomendasi berdasarkan preferensi mereka. Saya juga aktif mendengarkan dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan ramah. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dengan rekan kerja dalam menyelesaikan tugas, seperti berkoordinasi dengan dapur untuk memastikan pesanan pelanggan disajikan dengan tepat waktu.”

Ketersediaan dan Fleksibilitas Jadwal

Restoran sering memiliki jam kerja yang fleksibel, termasuk pada hari libur dan akhir pekan. Pewawancara akan menanyakan tentang ketersediaan Anda untuk bekerja pada jam-jam tersebut serta fleksibilitas jadwal. Mereka ingin memastikan bahwa Anda dapat memenuhi kebutuhan jadwal restoran dan siap bekerja dalam situasi yang berbeda.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, tunjukkan ketersediaan Anda untuk bekerja pada jam-jam yang fleksibel, termasuk hari libur dan akhir pekan. Jelaskan bahwa Anda siap untuk menyesuaikan jadwal Anda sesuai dengan kebutuhan restoran. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Anda telah bekerja pada jam-jam yang tidak biasa atau dengan perubahan jadwal yang mendadak.

Contoh Jawaban:

“Saya sangat fleksibel dalam hal jadwal kerja dan siap untuk bekerja pada jam-jam yang fleksibel, termasuk hari libur dan akhir pekan. Saya selalu berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan restoran dan siap untuk menyesuaikan jadwal saya sesuai dengan permintaan. Sebagai contoh, di tempat kerja sebelumnya, saya sering bekerja pada malam hari dan akhir pekan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang datang untuk makan malam. Saya juga siap untuk menghadapi perubahan jadwal mendadak dan memberikan kontribusi maksimal dalam setiap situasi.”

Penanganan Konflik

Dalam situasi yang penuh tekanan, konflik antar karyawan atau dengan pelanggan bisa terjadi. Pewawancara ingin mengetahui bagaimana Anda menangani konflik semacam itu dan apakah Anda memiliki keterampilan dalam penyelesaian masalah. Mereka ingin memastikan bahwa Anda dapat tetap tenang dan menyelesaikan konflik dengan cara yang profesional.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, tunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan dalam menangani konflik. Jelaskan bahwa Anda dapat tetap tenang dan berpikir dengan jernih dalam situasi yang penuh tekanan. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Anda berhasil menyelesaikan konflik dengan baik, seperti menghadapi perbedaan pendapat dengan rekan kerja atau meredakan ketegangan dengan pelanggan yang marah. Tunjukkan bahwa Anda dapat berkomunikasi dengan baik dan mencari solusi yang saling menguntungkan.

Contoh Jawaban:

“Saya percaya bahwa penanganan konflik yang baik melibatkan kemampuan untuk tetap tenang dan berpikir dengan jernih dalam situasi yang penuh tekanan. Saya selalu berusaha untuk mendengarkan semua pihak yang terlibat dan mencari solusi yang saling menguntungkan. Pada suatu kesempatan, saya menghadapi perbedaan pendapat dengan rekan kerja mengenai pembagian tugas. Saya mengundang rekan kerja tersebut untuk berdiskusi secara terbuka dan mencari solusi yang adil untuk semua orang. Akhirnya, kami berhasil mencapai kesepakatan yang memuaskan dan dapat melanjutkan pekerjaan dengan baik.”

Motivasi dan Kepuasan Kerja

Pewawancara akan menanyakan apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi sebagai waiter atau waitress, serta apa yang membuat Anda merasa puas dalam pekerjaan ini. Mereka ingin mengetahui apakah Anda memiliki motivasi intrinsik yang kuat dan komitmen terhadap pekerjaan.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan apa yang membuat Anda tertarik dengan pekerjaan sebagai waiter atau waitress. Berikan alasan yang jujur dan spesifik, seperti kesenangan dalam berinteraksi dengan pelanggan, kepuasan dalam memberikan pelayanan yang baik, atau minat dalam industri perhotelan. Jelaskan juga faktor-faktor yang membuat Anda merasa puas dalam pekerjaan ini, seperti melihat senyum pelanggan setelah menerima pelayanan yang baik atau mendapatkan apresiasi dari atasan atau rekan kerja.

Contoh Jawaban:

“Saya tertarik dengan pekerjaan sebagai waiter atau waitress karena saya menikmati berinteraksi dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik. Saya merasa senang ketika melihat senyum pelanggan setelah mereka puas dengan pelayanan yang saya berikan. Selain itu, saya juga tertarik dengan industri perhotelan karena adanya peluang untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan dalam melayani pelanggan. Saya merasa puas ketika mendapatkan apresiasi dari atasan atau rekan kerja atas kerja keras saya dalam memberikan pelayanan yang baik.”

Pengalaman dalam Menerima Pembayaran

Sebagai waiter atau waitress, Anda juga akan bertanggung jawab dalam menerima pembayaran dari pelanggan. Pewawancara akan menanyakan apakah Anda memiliki pengalaman dalam menerima pembayaran dan penanganan uang tunai. Mereka ingin memastikan bahwa Anda dapat mengelola pembayaran dengan baik dan memiliki kejujuran dalam menangani uang tunai.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan pengalaman Anda dalam menerima pembayaran dan penanganan uang tunai. Jelaskan bahwa Anda dapat mengelola pembayaran dengan akurat dan hati-hati, serta memiliki kejujuran dalam menangani uang tunai. Jika Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan sistem pembayaran elektronik, sebutkan juga pengalaman tersebut untuk menunjukkan kefamiliaran Anda dengan teknologi pembayaran yang digunakan di restoran tersebut.

Contoh Jawaban:

“Saya memiliki pengalaman dalam menerima pembayaran dan penanganan uang tunai selama bekerja di restoran XYZ. Saya selalu mengelola pembayaran dengan hati-hati dan memastikan bahwa total pembayaran yang diterima sesuai dengan tagihan pelanggan. Saya juga memiliki kejujuran dalam menangani uang tunai dan menjaga keamanan uang pelanggan. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam menggunakan sistem pembayaran elektronik, seperti mesin EDC, untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran.”

Kesiapan Menghadapi Tantangan

Pewawancara akan menanyakan tentang kesiapan Anda dalam menghadapi tantangan dalam pekerjaan ini, seperti bekerja di bawah tekanan, menghadapi pelanggan yang tidak puas, atau mengatasi situasi darurat. Mereka ingin memastikan bahwa Anda memiliki mental yang kuat dan siap untuk menghadapi tantangan yang mungkin terjadi dalam pekerjaan sebagai waiter atau waitress.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan bahwa Anda siap untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan ini. Jelaskan bahwaAnda memiliki mental yang kuat dan mampu bekerja di bawah tekanan. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana Anda berhasil mengatasi tantangan atau situasi darurat. Tunjukkan bahwa Anda dapat tetap tenang dan mengambil tindakan yang tepat dalam situasi yang sulit.

Contoh Jawaban:

“Saya siap untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan ini dan memiliki mental yang kuat. Saya telah terbiasa bekerja di bawah tekanan dan mampu tetap tenang dalam situasi yang sulit. Pada suatu kesempatan, restoran tempat saya bekerja mengalami lonjakan pelanggan yang tidak terduga. Meskipun situasinya cukup menegangkan, saya tetap tenang dan bekerja dengan cepat untuk melayani semua pelanggan dengan baik. Saya juga siap menghadapi situasi darurat, seperti kebakaran atau keadaan darurat lainnya, dan telah dilatih dalam prosedur keamanan dan evakuasi.”

Pertanyaan Tambahan

Pada akhir wawancara, pewawancara akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengajukan pertanyaan. Gunakan kesempatan ini untuk menanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang restoran, tugas dan tanggung jawab, serta peluang pengembangan karir.

Bagaimana menanggapi pertanyaan ini?

Saat menjawab pertanyaan ini, gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan minat Anda yang besar terhadap posisi dan restoran tersebut. Ajukan pertanyaan yang relevan dan menunjukkan bahwa Anda ingin tahu lebih banyak tentang tugas dan tanggung jawab yang akan Anda emban serta peluang untuk berkembang dalam karir sebagai waiter atau waitress di restoran tersebut.

Contoh Jawaban:

“Saya ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana tugas dan tanggung jawab sehari-hari sebagai waiter/waitress di restoran ini. Apakah ada peluang untuk mengembangkan keterampilan dalam melayani pelanggan atau kemungkinan untuk berpartisipasi dalam pelatihan khusus? Saya juga ingin tahu apakah ada peluang untuk naik pangkat atau memperoleh tanggung jawab tambahan dalam pekerjaan ini. Saya berharap dapat berkontribusi secara maksimal dan berkembang dalam karir saya di restoran ini.”

Dalam wawancara untuk posisi waiter atau waitress restoran, penting bagi Anda untuk menghadapinya dengan persiapan yang matang. Jawablah pertanyaan dengan jujur dan tunjukkan sikap yang ramah serta antusiasme terhadap pekerjaan tersebut. Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan yang umumnya diajukan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang bersiap untuk menjalani wawancara sebagai waiter atau waitress restoran.

Leave a Comment