10 Cara Meminta Reschedule Interview Kerja yang Benar

Interview kerja adalah tahap penting dalam proses mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Namun, terkadang situasi tak terduga bisa membuat Anda tidak dapat menghadiri wawancara pada tanggal yang telah ditentukan. Dalam situasi seperti ini, penting untuk meminta reschedule interview dengan benar agar tidak merugikan diri sendiri dan tetap memberikan kesan yang baik pada calon perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara meminta reschedule interview kerja yang benar, sehingga Anda dapat mengatasi situasi tersebut dengan profesionalisme dan percaya diri.

Segera Beri Tahu Pihak Perusahaan

Segera setelah Anda menyadari bahwa Anda tidak akan bisa menghadiri wawancara pada tanggal yang telah ditentukan, segera berikan tahu pihak perusahaan. Jangan menunda-nunda atau menunggu sampai saat terakhir, karena hal ini bisa memberikan kesan buruk pada perusahaan. Hubungi perusahaan secepat mungkin melalui telepon atau email dan berikan alasan yang jelas dan jujur mengapa Anda tidak dapat hadir pada tanggal tersebut.

Telepon

Salah satu cara terbaik untuk memberi tahu pihak perusahaan adalah melalui telepon. Dengan menelepon, Anda dapat berkomunikasi langsung dan memberikan penjelasan secara verbal. Pastikan untuk menghubungi pihak yang tepat, seperti HRD atau orang yang bertanggung jawab atas jadwal wawancara. Beri salam pembuka yang formal seperti “Selamat pagi/siang, saya ingin membicarakan mengenai jadwal wawancara yang sudah ditentukan”. Kemudian jelaskan dengan jelas bahwa Anda tidak bisa hadir pada tanggal tersebut dan berikan alasan yang jelas.

Email

Jika Anda tidak dapat menghubungi pihak perusahaan melalui telepon, maka kirimkan email resmi sebagai alternatif. Dalam email tersebut, sampaikan dengan jelas bahwa Anda ingin meminta reschedule interview. Pastikan untuk memberikan salam pembuka yang formal dan nyatakan alasan Anda tidak dapat hadir pada tanggal yang ditentukan. Jelaskan dengan jelas dan singkat alasan Anda, seperti kendala transportasi yang mendadak atau alasan pribadi yang tak terduga. Berikan juga beberapa pilihan tanggal dan waktu alternatif yang Anda bisa hadiri.

Sampaikan Permintaan Reschedule dengan Sopan

Saat menghubungi perusahaan, pastikan Anda menyampaikan permintaan reschedule dengan sopan. Berikan salam pembuka yang formal dan jelasakan dengan singkat dan jelas bahwa Anda ingin meminta reschedule interview. Sertakan alasan yang jelas mengapa Anda tidak bisa hadir dan tawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif yang Anda bisa hadiri.

Salam Pembuka yang Formal

Saat menyampaikan permintaan reschedule interview, penting untuk memberikan salam pembuka yang formal. Gunakan kata-kata seperti “Selamat pagi/siang, saya ingin meminta maaf dan meminta reschedule interview yang telah ditentukan”. Dengan memberikan salam pembuka yang formal, Anda menunjukkan sikap sopan dan profesional dalam berkomunikasi dengan pihak perusahaan.

Jelaskan dengan Singkat dan Jelas

Saat menyampaikan permintaan reschedule, penting untuk menjelaskan dengan singkat dan jelas mengapa Anda tidak bisa hadir pada tanggal yang telah ditentukan. Berikan alasan yang jelas dan jujur kepada pihak perusahaan. Misalnya, Anda bisa mengatakan bahwa Anda mengalami kendala transportasi yang mendadak atau ada keperluan mendesak yang tidak dapat ditunda. Hindari memberikan alasan yang terlalu pribadi atau tidak relevan dengan pekerjaan.

Tawarkan Beberapa Opsi Tanggal dan Waktu Alternatif

Selain memberikan alasan mengapa Anda tidak bisa hadir pada tanggal yang telah ditentukan, penting juga untuk menawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif. Dengan memberikan beberapa pilihan, Anda memberikan fleksibilitas kepada pihak perusahaan dalam mengatur ulang jadwal wawancara. Sebaiknya, berikan opsi yang cukup luas agar memudahkan pihak perusahaan dalam menentukan tanggal yang sesuai.

Beri Penjelasan yang Jelas dan Jujur

Sebagai seorang profesional, penting untuk memberikan penjelasan yang jelas dan jujur mengapa Anda tidak bisa menghadiri wawancara pada tanggal yang telah ditentukan. Berikan alasan yang dapat dipahami oleh pihak perusahaan dan jangan memberikan alasan yang terlalu pribadi atau tidak relevan dengan pekerjaan. Jujurlah dalam memberikan alasan Anda dan berikan solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Jujurlah dalam Memberikan Alasan

Saat memberikan penjelasan mengapa Anda tidak bisa hadir pada tanggal yang ditentukan, jadilah jujur dan transparan. Berikan alasan yang dapat dipahami oleh pihak perusahaan dan hindari memberikan alasan yang terlalu pribadi atau tidak relevan. Misalnya, jika Anda mengalami kendala transportasi yang mendadak, sampaikan hal tersebut dengan jelas dan sertakan bukti atau penjelasan yang mendukung. Dengan jujur mengemukakan alasan Anda, Anda akan membangun kepercayaan dengan pihak perusahaan.

Berikan Solusi yang Baik

Selain memberikan penjelasan yang jelas, berikan juga solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya, jika Anda tidak bisa hadir karena ada keperluan mendesak, tawarkan solusi seperti mengajukan permintaan untuk mengatur ulang jadwal dengan segera atau menawarkan alternatif seperti wawancara melalui telepon atau video call. Dengan memberikan solusi yang baik, Anda menunjukkan sikap proaktif dan ingin tetap berkomitmen dalam proses seleksi.

Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Saat meminta reschedule interview, jangan lupa untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan pihak perusahaan untuk mengatur ulang jadwal wawancara. Berikan apresiasi Anda dengan mengucapkan kata-kata seperti “Saya sangat menghargai pemahaman dan kesediaan Anda untuk mengatur ulang jadwal wawancara. Saya berharap dapat bertemu dengan Anda dalam waktu yang lebih sesuai bagi kami berdua.”

Ungkapkan Rasa Terima Kasih secara Spesifik

Untuk menunjukkan rasa terima kasih yang lebih spesifik, ungkapkan juga penghargaan Anda terhadap upaya perusahaan dalam proses seleksi. Misalnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda sangat menghargai waktu dan sumber daya yang telah diberikan perusahaan untuk mengatur wawancara. Dengan menyampaikan rasa terima kasih secara spesifik, Anda menunjukkan sikap penghargaan yang tinggi dan dapat meningkatkan citra Anda di mata perusahaan.

Berikan Konfirmasi Melalui Email

Setelah Anda menghubungi pihak perusahaan secara verbal, penting untuk mengirimkan konfirmasi melalui email. Dalam email tersebut, sampaikan kembali permintaan reschedule Anda beserta alasan yang jelas dan tawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif. Juga, pastikan untuk menuliskan rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan pihak perusahaan untuk mengatur ulang jadwal wawancara.

Ringkas Permintaan Reschedule dalam Email

Dalam email konfirmasi, ringkas kembali permintaan reschedule Anda dengan jelas dan singkat. Jelaskan alasan Anda tidak bisa hadir pada tanggal yang ditentukan, tawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif, dan sampaikan kembali rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan perusahaan untuk mengatur ulang jadwal. Pastikan email Anda terlihat profesional dengan penggunaan bahasa yang sopan dan formal.

Sertakan Informasi Kontak dan Pengingat

Untuk memudahkan pihak perusahaan dalam menghubungiAnda, pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang lengkap dalam email konfirmasi Anda. Sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat email, dan jika perlu, informasi tambahan seperti akun media sosial yang dapat dihubungi. Selain itu, berikan juga pengingat bahwa Anda akan menunggu konfirmasi dari pihak perusahaan mengenai tanggal dan waktu alternatif yang disepakati. Dengan memberikan informasi kontak dan pengingat ini, Anda memastikan bahwa pihak perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda untuk mengatur ulang jadwal wawancara.

Jaga Ketersediaan Anda pada Tanggal Alternatif

Setelah Anda memberikan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif kepada pihak perusahaan, pastikan Anda tetap menjaga ketersediaan Anda pada tanggal-tanggal tersebut. Jangan membuat kesalahan dengan menawarkan tanggal yang sebenarnya Anda tidak bisa hadiri. Ini bisa merugikan diri sendiri dan memberikan kesan buruk pada perusahaan.

Bersiaplah untuk Tanggal Alternatif

Setelah menawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif, ada baiknya Anda bersiap-siap untuk menghadiri wawancara pada tanggal-tanggal tersebut. Jaga ketersediaan Anda dan pastikan tidak ada benturan jadwal lain yang dapat mengganggu. Selain itu, gunakan waktu ini untuk mempersiapkan diri dengan baik, seperti mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan, meninjau kembali pertanyaan wawancara yang mungkin diajukan, dan mempersiapkan jawaban yang baik.

Komunikasikan Kembali kepada Pihak Perusahaan

Setelah menawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif, komunikasikan kembali kepada pihak perusahaan bahwa Anda tetap siap menghadiri wawancara pada tanggal-tanggal tersebut. Berikan konfirmasi bahwa tanggal-tanggal tersebut masih dapat dijadwalkan dan sampaikan kembali rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan perusahaan untuk mengatur ulang jadwal. Dengan mengkomunikasikan kembali kesiapan Anda, Anda menunjukkan sikap yang profesional dan dapat memberikan kepastian kepada pihak perusahaan.

Tepat Waktu pada Tanggal yang Direschedule

Jika pihak perusahaan mengatur ulang jadwal wawancara sesuai dengan permintaan Anda, pastikan untuk tiba tepat waktu pada tanggal yang telah disepakati. Jaga profesionalisme Anda dengan mempersiapkan diri dengan baik dan memberikan kesan yang baik pada calon perusahaan.

Berikan Diri Anda Waktu yang Cukup

Sebelum tanggal wawancara yang direschedule, berikan diri Anda waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dengan baik. Gunakan waktu ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan, meninjau kembali pertanyaan wawancara yang mungkin diajukan, dan mempersiapkan jawaban yang baik. Pastikan Anda merasa percaya diri dan siap menghadiri wawancara pada tanggal yang telah ditentukan.

Tiba Tepat Waktu

Pada tanggal wawancara yang telah direschedule, pastikan untuk tiba tepat waktu. Jaga profesionalisme Anda dengan mengatur jadwal Anda sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk perjalanan dan tiba di lokasi wawancara beberapa menit sebelum waktu yang ditentukan. Tiba tepat waktu menunjukkan komitmen Anda dan memberikan kesan yang baik pada pihak perusahaan.

Mintalah Maaf jika Diperlukan

Jika Anda merasa perlu, mintalah maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin Anda sebabkan karena meminta reschedule interview. Meskipun situasi tak terduga bisa terjadi pada siapa pun, menunjukkan rasa hormat dan kesopanan dengan meminta maaf adalah tindakan yang baik.

Beri Permintaan Maaf yang Tulus

Jika Anda merasa perlu meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin Anda sebabkan, lakukan dengan tulus dan tulus. Sampaikan permintaan maaf Anda dengan kata-kata yang sopan dan jujur. Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Saya ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin saya sebabkan dengan meminta reschedule interview. Saya sangat menghargai pemahaman dan kesediaan Anda untuk mengatur ulang jadwal wawancara.”

Jadilah Pribadi yang Ramah dan Hormat

Saat meminta maaf, jadilah pribadi yang ramah dan hormat. Sampaikan permintaan maaf dengan sikap yang rendah hati dan jujur. Hindari pembelaan atau penjelasan berlebihan, cukup sampaikan permintaan maaf Anda dengan tulus dan berikan penegasan bahwa Anda sangat menghargai upaya perusahaan dalam mengatur ulang jadwal wawancara.

Tetap Percaya Diri

Meskipun Anda meminta reschedule interview, tetaplah percaya diri dalam menghadapi proses ini. Jangan biarkan situasi ini mengurangi rasa percaya diri Anda dalam mencari pekerjaan. Tetaplah mempersiapkan diri dengan baik dan tunjukkan sikap profesionalisme Anda pada setiap tahap proses seleksi.

Persiapkan Diri dengan Baik

Meskipun menghadapi situasi reschedule interview, tetaplah mempersiapkan diri dengan baik. Pelajari tentang perusahaan, tinjau kembali pertanyaan wawancara yang mungkin diajukan, dan persiapkan jawaban yang baik. Latih keterampilan komunikasi dan presentasi Anda agar Anda merasa lebih percaya diri saat menghadiri wawancara yang direschedule.

Ingat Prestasi dan Keahlian Anda

Jaga rasa percaya diri Anda dengan mengingat prestasi dan keahlian yang Anda miliki. Ingatlah bahwa Anda telah melewati proses seleksi awal dan dipilih untuk mengikuti tahap wawancara. Percayalah pada diri sendiri dan kemampuan Anda untuk berhasil dalam proses seleksi ini. Jadikan rasa percaya diri Anda sebagai kekuatan yang mendorong Anda untuk memberikan yang terbaik dalam wawancara yang direschedule.

Ikuti Petunjuk Selanjutnya dari Pihak Perusahaan

Setelah Anda berhasil meminta reschedule interview, ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh pihak perusahaan. Mungkin mereka akan meminta Anda untuk mengirimkan kembali CV atau melengkapi dokumen tambahan lainnya. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan seksama dan memberikan respons yang cepat dan tepat.

Baca dan Pahami Petunjuk dengan Seksama

Setelah permintaan reschedule Anda disetujui, pastikan untuk membaca dan memahami petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh pihak perusahaan. Perhatikan setiap detail dan batas waktu yang diberikan. Jika ada persyaratan tambahan seperti mengirimkan kembali CV atau mengisi formulir tambahan, pastikan Anda melakukannya dengan tepat waktu. Dengan membaca dan memahami petunjuk dengan seksama, Anda dapat memastikan bahwa Anda memberikan respons yang tepat dan memenuhi persyaratan perusahaan.

Beri Respons yang Cepat dan Tepat

Jika pihak perusahaan meminta Anda untuk memberikan respons atau melengkapi dokumen tambahan, berikan respons yang cepat dan tepat. Jangan menunda-nunda atau mengabaikan permintaan tersebut. Berikan respons dalam waktu yang ditentukan dan pastikan respons Anda sesuai dengan yang diminta oleh pihak perusahaan. Dengan memberikan respons yang tepat dan cepat, Anda menunjukkan sikap yang profesional dan dapat meningkatkan kesempatan Anda dalam proses seleksi.

Dalam kesimpulan, meminta reschedule interview kerja adalah hal yang wajar dalam kehidupan profesional. Dalam situasi seperti ini, penting untuk mengambil tindakan yang benar dan profesional. Dengan mengikuti 10 cara di atas, Anda dapat meminta reschedule interview dengan sopan, jujur, dan tetap memberikan kesan yang baik pada calon perusahaan. Tetaplah percaya diri dan terus berusaha dalam mencari pekerjaan yang diidamkan. Dalam proses meminta reschedule interview, penting untuk segera memberi tahu pihak perusahaan dengan cara yang tepat, menjelaskan alasan dengan jelas dan jujur, serta menawarkan solusi yang baik. Selain itu, tunjukkan rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan perusahaan untuk mengatur ulang jadwal wawancara. Tetaplah percaya diri dan ikuti petunjuk selanjutnya dari pihak perusahaan dengan seksama.

Dalam situasi ketika Anda tidak dapat hadir pada tanggal yang telah ditentukan, penting untuk segera memberi tahu pihak perusahaan. Segera hubungi perusahaan melalui telepon atau email dan berikan alasan yang jelas dan jujur mengapa Anda tidak bisa hadir. Jika memilih untuk menelepon, pastikan Anda menghubungi pihak yang tepat dan memberikan penjelasan secara langsung. Jika menggunakan email, sampaikan dengan jelas permintaan reschedule Anda dan alasan mengapa Anda tidak bisa hadir pada tanggal yang ditentukan.

Ketika menyampaikan permintaan reschedule, pastikan Anda melakukannya dengan sopan. Gunakan salam pembuka yang formal dan sampaikan permintaan Anda dengan jelas dan singkat. Jelaskan alasan Anda tidak bisa hadir dan tawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif yang Anda bisa hadiri. Dengan memberikan beberapa pilihan, Anda memberikan fleksibilitas kepada pihak perusahaan dalam mengatur ulang jadwal wawancara.

Jujurlah dalam memberikan penjelasan mengapa Anda tidak bisa hadir pada tanggal yang ditentukan. Berikan alasan yang dapat dipahami oleh pihak perusahaan dan sampaikan dengan jelas serta singkat. Hindari memberikan alasan yang terlalu pribadi atau tidak relevan dengan pekerjaan. Selain itu, berikan solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya, jika Anda tidak bisa hadir karena ada keperluan mendesak, tawarkan solusi seperti mengajukan permintaan untuk mengatur ulang jadwal dengan segera.

Tunjukkan rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan perusahaan untuk mengatur ulang jadwal wawancara. Sampaikan rasa terima kasih Anda dengan kata-kata yang sopan dan jelas. Ungkapkan apresiasi Anda terhadap waktu dan sumber daya yang perusahaan berikan dalam proses seleksi. Dengan menunjukkan rasa terima kasih, Anda dapat meningkatkan citra Anda di mata perusahaan.

Setelah menghubungi perusahaan secara verbal, penting untuk mengirimkan konfirmasi melalui email. Dalam email tersebut, sampaikan kembali permintaan reschedule beserta alasan yang jelas. Tawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif yang Anda bisa hadiri. Pastikan email Anda terlihat profesional dengan menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Juga, sampaikan kembali rasa terima kasih Anda atas pemahaman dan kesediaan perusahaan untuk mengatur ulang jadwal wawancara.

Setelah menawarkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif, pastikan Anda tetap menjaga ketersediaan pada tanggal-tanggal tersebut. Jaga ketersediaan Anda dan pastikan tidak ada benturan jadwal lain yang dapat mengganggu. Bersiaplah dengan baik untuk tanggal alternatif tersebut. Gunakan waktu ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan mempersiapkan diri dengan baik. Jaga rasa percaya diri Anda dan tiba tepat waktu pada tanggal yang telah disepakati.

Jika Anda merasa perlu, mintalah maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin Anda sebabkan karena meminta reschedule interview. Meskipun situasi tak terduga bisa terjadi pada siapa pun, menunjukkan rasa hormat dan kesopanan dengan meminta maaf adalah tindakan yang baik. Sampaikan permintaan maaf dengan kata-kata yang sopan dan tulus.

Meskipun Anda meminta reschedule interview, tetaplah percaya diri dalam menghadapi proses ini. Jangan biarkan situasi ini mengurangi rasa percaya diri Anda dalam mencari pekerjaan. Tetaplah mempersiapkan diri dengan baik dan tunjukkan sikap profesionalisme Anda pada setiap tahap proses seleksi. Ingatlah prestasi dan keahlian yang Anda miliki. Jadilah pribadi yang ramah dan hormat, baik dalam permintaan maaf maupun dalam interaksi dengan pihak perusahaan.

Setelah Anda berhasil meminta reschedule interview, ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan oleh pihak perusahaan. Baca dan pahami petunjuk dengan seksama. Berikan respons yang cepat dan tepat jika diminta untuk melengkapi dokumen tambahan atau memberikan informasi lainnya. Dengan mengikuti petunjuk dengan baik, Anda menunjukkan sikap yang profesional dan dapat meningkatkan kesempatan Anda dalam proses seleksi.

Dalam kesimpulan, meminta reschedule interview kerja adalah hal yang wajar dalam kehidupan profesional. Dalam situasi seperti ini, penting untuk mengambil tindakan yang benar dan profesional. Dengan mengikuti 10 cara di atas, Anda dapat meminta reschedule interview dengan sopan, jujur, dan tetap memberikan kesan yang baik pada calon perusahaan. Tetaplah percaya diri dan terus berusaha dalam mencari pekerjaan yang diidamkan. Semoga sukses dalam proses seleksi Anda!

Leave a Comment